Monday, November 14, 2016

Pengertian EMMC dan Cara Cek Emmc dengan Aplikasi ( ROOT )

aplikasi check emmc android
Pengertian tentang eMMC dan Cara mengecek eMMC pada android dengan sebuah aplikasi yang memerlukan akses root.

Pengertian eMMC
eMMC adalah singakatan dari Embedded Multi-Media Controller, yang tak lain adalah sebua media sebuah penyimpanan untuk program pada sebuah barang elektronik seperti handphone ,kamera yang berbentuk seperti chip.
eMMC sendiri sebetulnya sudah ada sejak dahulu yang fungsinya sama sebagai media penyimpanan untuk program hanya saja dahulu lebih di kenal dengan ic flash.

Pentingnya peran eMMC pada sebuah smartphone menjadi perhatian khususnya pengguna ponsel karena perbaikan atas kerusakan eMMC ini lumayan mahal, khusunya bagi pengguna yang ingin mengganti ic eMMC jangan heran saat pergantian eMMC ini harga perbaikan nya lumayan agak mahal karena pengantiaanya juga tidak semudah yang di bayangkan beserta resiko yang harus di tanggung oleh teknisi tersebut

Kerusakaan eMMC biasanya di tandai dengan beberapa gejala seperti hang logo atau stuck di logo dalam keadaan ini ponsel tidak mau booting ke menu, bisa juga saat ponsel dilakukan reset/ factory reset isi dalam ponsel seperti aplikasi tidak terhapus ,yang seharusnya bila ponsel dilakukan factory reset aplikasi dalam ponsel dan data pada ponsel akan terhapus.

Dari penjelasan diatas kita dapat sedkit mengerti mengenai fungsi dan gejala kerusakan pada eMMC,untuk itu di artikel ini saya akan memberikan cara mengecek kerusakan eMMC kita melalui aplikasi yang bisa di download di Play Store.

Berikut cara dini mengetahui kerusakan eMMC pada ponsel android :
  • Download dan instal eMMC BrickBug Test
  • Root ponsel yang akan di cek karena aplikasi ini memerlukan akses root
  • Klik dan pilih Check Memory

emmc check tool
  • Jika sudah dipilih maka proses pengecekan akan berjalan dan bila emmc dalam kondisi baik akan tampil seperti gambar di bawah ini
emmc check tool

DALAM VIDEO DI BAWAH INI

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon