Friday, May 13, 2016

Cara Backup StockRom Android Mediatek

Cara Membackup StockROM lewat MTK Droid Tool
Mtkdroid
MTK Droid Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat file backup,rooting dan instal custom recovery untuk Android berchipset Mediatek.

Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara membackup rom android yang nantinya file tersebut akan di jadikan file firmware yang di gunakan di SP Flashtool

Fungsi dari backup ini sangat penting bilamana kta akan melakukan instal ulang  dan ternyata firmware yang kita download ternyata tidak sesuai dengan handphone Android kita
Maka dari itu untuk mengembalikan handphone kita seperti semula dan normal maka sebelum melakukan modifikasi system dan instal custom rom ada baiknya kita membuat backup firmware tersebut


Ikuti Langkahnya :
1. Download da instal driver MTK USB VCOM
2. Download MTKDROID Tool
3. Ekstrak file hasil download an.
4. Buka folder hasil ektraksi  jlankan file "MTKdroidTools.exe
5. Aktifkan USB Debugging di HH
6. Hubungkan HH (kondisi ON) ke PC/Laptop --> tunggu sampai HH terdeteksi.Jika sudah       itunggu lama namun tidak muncul juga nama HH kita, artinya drivernya belum terinstall.       Ulangi langkah nomor 1.
7. Lihat kotak di pojok kiri bawah. Jika berwarna hijau, artinya HH kita sudah bisa "diutak-atik". Jika belum hijau --> Klik tombol "ROOT" --> biarkan prosesnya berjalan
8. Buka tab "Root, Backup, Recovery" --> Ada checkbox "Back
up userdata dan cache" untuk menentukan apakah userdata mau di backup juga atau tidak. Hal ini terserah Agan-agan.
9. Klik tombol "Backup" --> tunggu sampai prosesnya selesai (proses berjalan agak lama, tergantung kemampuan PC/laptop Agan-agan).
10. Saat proses selesai, akan muncul peringatan "Packing Backup? (apakah file hasil backup-an mau dibuat ZIP atau tidak?)" --> ini terserah Agan-agan. Kalo aye sih ndak di-Zip karena kita akan berlanjut ke step berikutnya.
11. Hasil backup-an akan tersimpan di subfolder "backup/"Nama File" didalm folder MTK Droid Tool. Di samping itu juga ada file backup-an di dalam SDCard HH di folder Backup (tapi ndak usah pakai yang ini, pakai saja yang ada di PC/laptop).
12. Tetap buka MTKDT --> masih di tab "Root, Backup, Recovery" --> Klik tombol "To prepare blocks for Flash Tool" -->
jendela Browse akan terbuka --> cari file "files.md5" yang ada di subfolder "_
13. MTKDT akan membuat folder baru yaitu "!Files_to_FlashTool" Miracleberisi file-file yang dapat dipakai untuk melakukan flash ulang ke StockROM menggunakan SP Flash Tool. Simpan folder ini baik-baik agar dapat digunakan jika sewaktu-waktu HH ente ngalamin Bootloop, nge-brick, atau gangguan lainnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon